Ada dua hal. pertama kita mencari tujuan hidup kedua kita memilih sebuah jalan untuk menemukan sebuah makna dari kehidupan.

Jumat, 08 Januari 2016

macam-macam BUs ? Kelas Bus ? (part 2)

telolet telolettt...

okeee sesuai janji saya di posting sebelumnya, kali ini saya akan melanjutkan ulasan mengenai klasifikasi bis menurut kelas.

seperti kita ketahui,dalam dunia perbisan tidak ada standar khusus yang mengatur mengenai kelas, misal kelas eksekutif pada suatu PO tertentu merupakan kelas Patas atau VIP pada PO lain.
Namun secara umum, ada persamaan-persamaan pada tiap kelas antar PO.
Untuk itu saya akan menguraikan kelas-kelas tersebut sesuai standar umum dan subyektivitas pribadi.

(PO harapan jaya contoh PO yang memiliki beragam kelas yang melayani trayek AKDP-AKAP, sumber : googling)




berikut uraiannya

1. Bus bumel :
Bus bumel biasanya merujuk pada bis kelas ekonomi. the real ekonomi. biasanya sih,bisnya udah usang dan mengluarkan asap hitam. meskipun begitu bis jenis ini sangat dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat karena tarifnya yang relatif lebih murah. Misal para pedagang komuter yang membawa barang-barang dagangannya untuk dibawa ke pasar. 

( Bis Mustika trayek Jogja-Magelang, sumber : googling)

pengalaman terbaru saya menggunakan eh "menikmati" bis bumel adalah bis Mustika dari terminal jombor ke magelang. bangku 3-2,jok lumayan keras,non ac,"full musik/pengamen",dan "kantin 24 jam/pedagang asongan". awal lepas Jogja,Bis pun berjalan perlahan sambil cari-cari penumpang (padahal saat itu,saya sedang terburu-buru) . Sebenarnya di trayek ini ada Eka cepat yang memberikan fasilitas jauh berbeda dengan harga yang hampir sama. 12rb vs 15rb~dapat free minum (tapi dari Giwangan). gapapalah hikmahnya dapat pengalaman naik bis bumel, -btw kesalahan satu temen nih yang kuliah di Jogja tapi ga tau info bis ke magelang udah gitu dia antar ke halte yg salah lagi zz.

lanjut

2. Bis ATB (ac tarif biasa)
ini nih bis pilihan masyarakat, selalu penuh, ekonomis namun tetap relatif lebih nyaman. worth it lah.
karena saya adalah Madiun yang merupakan "jalur panas" trayek jogja-sby,maka jika ditanya bis ATB ya langsung membayangkan Mira dan Sumber Selamat/Sugeng Rahayu. meskipun trayek SBY-ponorogo sendiri ada Restu dan Jaya.
Fasilitas bis ATB hampir sama seperti bis ekonomi biasa yaitu konfigurasi seat 3-2,biasanya satu bis sekitar 54-60 seat. beberapa armada baru melengkapi hiburan dengan full music ataupun layar LCD.

Berikut saya akan review bis ATB yang pernah saya nikmati :
~Restu "Panda"
ini adalah bis ATB rekomendasi saya kalo dari Bungurasih ke Madiun, maupun dari Malang ke Surabaya. Alasannya saya suka jok dan interior yang bersih. Restu ini menggunakan karoseri dari Adiputro. mayoritas Marcopolo dan Jetbus.
Image result for Restu panda AC
(Restu Panda -dulu Restu berlivery warna dominasi ijo-putih strip merah  dan dikenal ugal-ugalan,entah mengapa sekarang kesan itu sama sekali hilang,yang ada kesan bis unyu dan imut. ide cemerlang dari PO pakai gambar panda. sumber : google)

~ Sumber Selamat,Sugeng Rahayu dan Mira
3 bis serupa-2 PO. sama-sama pakai Hino Ak(mesin depan),sama-sama pakai karoseri Laksana (nucleus,Proteus,discovery,Legacy) , sama-sama banter,kenceng,cepet. sama-sama hobi ngeblong.
denger-denger jumlah armada sumber + Mira trayek sby-Jog,semarang,wonogiri ada 330an. artinya dalam kondisi puncak lalu lintas kepadatan normal (tapi permintaan seperti pas weekend-kondisi bis fullemployment) di madiun,bis tersedia dalam setiap 6 menit an. WOW, ngalah-ngalahin trasnjakarta di koridor tersibuk sekalipun. 
bis dari sumber group relatif lebih baru masih kinyis2 "efek peremajaan" , kalo Mira "kata orang" kursinya lebih lega. eh tapi terakhir liat di terminal madiun armada mira juga banyak yg kinyis2 akhir-akhir ini. Paling asik tuh naik bis-bis ini di atas jam 9an malam. dimana jalanan sepi. apalagi pas bis ga terlalu rame,  bisa tidur meski sambil goyang-goyang,ga ada pengamen dan pedagang (ga tau kalo copet) dan cepat sampai tujuan. Mantapppp.    Paling ga enak tuh kalo hari pertama kerja, para kaum komuter mayoritas mengandalkan bis-bis ini dibanding sarana lain(misal kereta) karena ekonomis dan fleksibel waktu,efeknya? bisa sampe penuh ga ada celah kayak naik metro mini atau KRL pas jam berangkat/pulang kerja. disarankan kalo naik hari pertama kerja/weekend mending pagi bgt atau malam bgt daripada berdiri dari awal sampai tujuan.
   
(armada sumber group dan Mira, sumber : googling)

3. Bis Patas
kali ini bis yang masuk kategori nyaman dan spesial. yaitu bis Patas. Bis ini hanya berhenti pada terminal tertentu dan tidak sembarangan ambil penumpang di pinggir jalan. selain itu,bis ini juga hanya menampung penumpang sesuai jumlah kursi yang tersedia/tidak ada yang berdiri. Untuk tarif emang sedikit lebih mahal dibanding bis ATB.
fasilitas yang didapat : 
  • konfigurasi kursi kanan 2 dan kiri 2
  • kapasitas penumpang maksimal +-49 tempat duduk
  • tarif diatur oleh mekanisme perusahaan
  • pendingin udara (AC)
  • pengatur tempat duduk (Recleaning Seat)
  • tanpa toilet
  • hiburan TV LCD dan musik audio
Pengalaman naik bis Patas yang pernah saya coba adalah Eka cepat.
Eka Cepat menggunakan sasis hino mesin belakang(susasana kabin lebih senyap dibanding mesin depan) dan mayoritas pakai karoseri morodadi prima. Pelayanan kru relatif lebih ramah dibandingkan bis ATB/ekonomi biasa. kondisi interior bis yang bersih dan harum.
selain itu,meskipun kencang tapi pembawaan bis oleh driver relatif stabil dan tidak ugal-ugalan,jadi lebih mampu membuat penumpang untuk tidur nyaman. enaknya Eka adalah kita dapat air minum setiap pembelian tiket,selain itu penumpang berhak mendapatkan service makan di RM Duta Ngawi (bagi yang mau dan melewati).
Oiyaaa armada Eka juga dilengkapi wifi,tapi sayang pas saya naik kok ga bisa connect ya?? karena lelah,saya memutuskan untuk tidur dan enggan bertanya ke kru bis.
(eka cepat "kinyis-kinyis",hino,grand turismo-morodadi prima, sumber : googling)


lanjut..
Kali ini memasuki jarak jauh. The Real Bus


4. kelas VIP/Bisnis  
  • konfigurasi kursi kanan 2 dan kiri 2
  • kapasitas penumpang maksimal 34-38 tempat duduk
  • tarif diatur oleh mekanisme perusahaan
  • pendingin udara (AC)
  • pengatur tempat duduk (RS)
  • selimut dan bantal
  • toilet 
  • hiburan TV LCD dan audio music  
  • makanan ringan/snack
  • servis makan gratis 1x
Untuk kelas VIP saya pernah merasakan Harapan Jaya dan Kramat Djati dengan experience yang berbeda.
Berikut Ulasannya :
~ Kramat Djati VIP
Kramat Djati VIP adalah pertama kali saya naik bis jarak jauh, "salah pesan", itulah kesan saya terhadap armada ini. karena saat itu pengetahuan saya tentang kelas bis malam masih belum terlalu baik dan bias informasi tentang rosalia indah kelas eksekutif ,jadi saya pikir sudah cukup nyaman. tapi ternyata, hmm hampir sama kayak Eka cepat tapi memiliki toilet. jumlah seat 38 menyebabkan jarak antar seat kalo dipake jarak jauh terasa pegal/lelahnya. Bis menggunakan armada Hino mesin belakang dan suspensi daun. Jadi bagi saya kurang nyaman kalo dipake jarak jauh. Untuk fasilitas lain khas bus malam seperti selimut,bantal,toilet,RS,service makan,dan snack menurutku good enough.
rasanya kayak bis pariwisata Study Tour pas SMA gitu deh.. 
(seperti inilah wujud Kramat Djati VIP class yang saya naiki -tapi di gambar tersebut tampak adanya legrest pada masing-masing seat sedangkan untuk kelas VIP ga ada leg rest-, sumber : gooogling)

~Harapan Jaya VIP class
kelas VIP tapi harga lebih mahal dari eksekutif kramat djati. hmm itulah fakta menarik dari VIP class si kuda asal TulungAgung. Fasilitas standar sama yaitu snack,makan berat,selimut,bantal,toilet,LCD TV,audio music.
Saat itu saya memilih bis yang berangkat sore. Kebetulan dapat hino RN285 dibalus Jetbus 2HD+ (New setra). mantapppp. FYI,RN285 merupakan armada pertama hino yang menggunakan suspensi udara asli bawaan sasis. Jadi terasa kelembutan dan nyamannya "gak limbung" dibandingkan suspensi udara armada Hino seri sebelumnya yang bawaan karoseri. Service makan di Sari Rasa kendal sangat memuaskan karena penumpang Harjay mendapatkan ruangan khusus ber-AC dan memiliki free toilet yang bersih. TOP dah.
Untuk seatnya menggunakan Hai seat dari rimba kencana dan kelebihan kelas VIP harjay adalah memiliki sandaran untuk kaki yang mirip di kereta eksekutif. (bukan leg rest)

( berikut penampakan HAI seat + RN285 + New Setra = MANTAPPPP , sumber : googling)



- susah cari seat Harjay VIP, jadi kayak gini lah yaa penampakan sandaran kakinya. persis. tapi bukan ini gambarnya. sumber : googling)











yuk lanjut menuju ke kelas rekomendasi bagi pencari kenyamanan dan anti lelah.


5. Executive Class
Fasilitas :
  • konfigurasi kursi kanan 2 dan kiri 2
  • kapasitas penumpang maksimal 28-32 tempat duduk
  • tarif diatur oleh mekanisme perusahaan
  • pendingin udara (AC)
  • pengatur tempat duduk (RS)
  • leg rest
  • selimut dan bantal
  • toilet 
  • hiburan TV LCD dan musik mp3  
  • fasilitas Wi-Fi (PO tertentu)
  • makanan ringan/snack
  • servis makan gratis 1x
 
Aldilla Seat


Perkenalkan. namanya Aldilla. Kursi favorit saya di kelas eksekutif.
standar eksekutif bagi saya adalah leg rest. oiyaaa tidak semua kelas eksekutif memiliki leg rest, contohnya eksekutif Rosalia Indah yang belum memiliki leg rest.
Kadang saya selalu memastikan ketika suvei ke tiap-tiap PO utk kelas ekskutif apakah ada leg rest atau enggak hehehe. biar ga kecewa di kemudian hari.

Aldilla seat masuk kabin


berikut review bis eksekutif yang pernah saya cicipi..
~ Kramat Djati eksekutif
udah sering bgt kalo naik bis ini,bingung mau review apa,manis pahit udah saya rasakan. Mulai pernah mendapati driver yang kurang ramah hingga berganti driver yang jago ngeblong. TOP speed saya bersama KD ekse hino RG jetbus 2HD adalah 130km/jam di Cipali 
Displaying wp_ss_20151219_0023.jpg

   Displaying wp_ss_20151219_0023.jpgDisplaying wp_ss_20151219_0023.jpg
Displaying wp_ss_20151219_0023.jpg
Displaying wp_ss_20151219_0023.jpg


kalo naik KD ini enaknya bisa langsung naik atau turun depan kampus karena ada kantor agen disana. wkwkwk. jadi ga perlu oper-operan transportasi lain menuju ke kosan.
Kramat Djati kelas eksekutif saya suka paduan warna interior,kelihatan mewah dibandingkan interior eksekutif Harjay bis 3.


selalu naik Bis 6 trayek Lebak bulus-Ponorogo, Hino RG ,jetbus 2HD














~ HARAPAN JAYA EKSEKUTIF
ada joke unik, kalo naik harjay ekse paling sial dapat 1626 , padahal kalo naik PO lain dapat 1626 itu udah itungan sip 
        
kalau untuk Harjay Eksekutif ga perlu ditanyakan lah yaaa.. semua juga udah tau pelayanan maksimal kelas harjay mulai servis makan sampai armada dan krunya. oiyaaa kemarin pas servis makan di RM Duta,rombongan kami minta tambahan waktu untuk solat,dikasih bahkan dengan senyum ramah kru -beda sama PO sebelah,saya pernah tau ada pasutri kena omel driver gara-gara masih ke toilet pas berhenti makan,padahal suaminya seorang tunanetra. 

oiyaaa meskipun kru harjay baik,tetep jangan lupa jaga saling respek ke penumpang lain, saat itu yang bikin lama adalah temen-temenku cewek. Masa iya ada toilet yang jumlahnya banyaaakk,mereka gantian satu-satu dan ada yang jaga pintu/bawain barang di luar. ZZz 
(terpaksa rela mendapat "grundelan" dari penumpang lain pas masuk bis,wkwkwk (Maafkan teman-temanku)



1626 udah nyaman sih, suspensi udara bawaan pabrikan asal jerman,ga ada cerita bis sampe miring pas belok, ga limbung. bisa bobok. apalagi model pembawaan driver harjay adalah halus dan stabil.

tapi tetep aja sedih,pilih bayar mahal sebenernya untuk ini nihhh BIS TARGET .. zzZ

Scania-Scorpion King
MB O500R 1836-Scorpion X 
(eiiitttsss,jangan heran liat bis ceper,itu karena airsus jadi bisa diatur ketinggian kaki bis, biasanya disetting ceper utk memudahkan penumpang utk  naik/turun bis,kalo jalan normal biasnya tinggi diatur normal kok.)



Displaying wp_ss_20151219_0023.jpg
Sebenernya masih ada sih satu kelas premium. tapi berhubung saya belum pernah coba,mungkin akan saya ulas di posting berikut. 

terima kasih sudah menyimak. 


5 komentar:

  1. tadi sore saya naik bus eka cepat jombang-nganjuk dikenakan tarif 32.000 krn sy tdk begitu paham soal tarif bus cepat eka, jd berfikir apakah kondektur mengada-ada soal tarif , padahal sebelumnya sy pernah naik bus patas 2x (lupa nama bisnya) dgn jurusan yg sama tp tarifnya hanya 10.000, kalau bis ac tarif biasa 7000-8000.

    yg jadi pertanyaan & mungkin mas irfan tau , apakah bus cepat dgn bus patas memang tarifnya berbeda?

    BalasHapus
  2. Td saya naik bus jurusan surabaya-pati dikenakan tarif 195000 sedangkan biasanya 45000 atau 50000 apakah ini ada unsur penipuan dan bus yg saya tumpangi bus ekonomi yg bernama bus PO.sinar mandiri Mulya tolong tanggapannya dan mohon bantuannya

    BalasHapus
  3. Kalau mau ke terminal wonogiri dari terminal klaten apakah bisa?

    BalasHapus