Ada dua hal. pertama kita mencari tujuan hidup kedua kita memilih sebuah jalan untuk menemukan sebuah makna dari kehidupan.

Senin, 04 Januari 2016

macam-macam BUs ? Kelas Bus ? (part 1)

telolet.. telolet..

kali ini saya akan menguraikan klasifikasi bis versi saya sendiri dan berdasarkan beberapa sumber (intinya kalo beda persepsi,harap maklum atas subyektivitas penulis)

pertama-tama disini klasifikasi berdasarkan ukuran.
*Berdasarkan kelas pada posting berikutnya

Untuk memudahkan,karena versi saya, maka klasifikasi berdasarkan jumlah roda.
1. Bis roda 4
yaitu bis kecil yang rodanya beneran 4. wkwkwk
pengalaman terbaru saya menaiki bis ini adalah ketika perjalanan dari wonosobo menuju dieng.
bis kecil ginian ga tentu mau jalan apa enggak,kalo ga full dan sepi ya harus rela ikutan doi ngetem lama.
rasanya,hmm memang diperuntukan untuk jarak dekat. dalamnya sempit, tapi saat itu saya cukup beruntung mendapatkan bis yang sopirnya atau pemiliknya memiliki passion tinggi. meskipun kecil,bisnya dikasih LCD dan Full music. Joknya juga cukup bagus dan dijaga kebersihannya.
meskipun begitu agak deg-degan juga sih kalo naik bis ginian naik gunung. wkwkwk














( ini nih bis roda 4 , source : googling ^^ )

next

2. Bis Roda 6 ukuran sedang
ini adalah bis ukuran tanggung. saya pernah dikecewakan ketika naik jenis bis ini yaitu bis gunung mas di maospati. saya diturunkan setelah naik baru 2 km ,uang tiket hanya balik seperempat dari tarif seharusnya,padahal kalo diitung baru 7% perjalanan.
pengalaman terbaru dan full saya menaiki bis ukuran ini adalah trayek magelang-wonosobo bersama Cebong Jaya. meskipun bis sedang,cukup kenceng juga cebong jaya. untuk yang suka ngeblong,pasti suka naik cebong jaya. dan sangat tidak direkomendasikan bagi penikmat EatSleepBus hahaaha, saat itu saya sengaja memilih kursi depan "hot seat" bukan karena pengen menikmati race,tapi jujur pengen selonjoran karena bis ginian sempit bgt. hehehe

( inilah wajah manis sang penguasa trayek Magelang-Temanggung-Wonosobo, source : googling)



next
3. Bis roda 6 besar
kalo ini adalah jenis bis paling umum untuk jarak jauh dan menengah di Jawa.
Mulai dari bis bumel,bis ATB,Bis patas,Bis VIP,Bis eksekutif,dan Super eksekutif juga pakai ini,
kebetulan untuk gambar, saya akan carikan Scania K360i yang berbodi lebih panjang dari bis biasa.
ini dia (SAN eksekutif-ScorpionX-Scania K360i,source : googling)



Next
4. Bis roda 10
 Teketekeketek Cssssshhhhhhhhhhh. (diesel mercy yg halus tiba-ngerem)
kenapa Mercy? karena untuk jenis ini mayoritas pakai Mercy MB  2542 OH (oiyaaaa kalian yang pengen tau sebenernya apa sih arti seri mesin Mercy dan mesin merk lain,saya akan kasih posting di lain kesempatan)
kalo bis roda 10 di Jawa jarang yaa.. mungkin di Surabaya ada.
tapi, menurut info dari rekan Bus Lovers kampus yang berasal dari Medan, mereka lah raja trayek Aceh-Medan, bahkan katanya disana itu bis bagus-bagus. dari segi mesin aja jarang banget yang pakai Hino(bukan bermaksud merendahkan Hino,btw saya pernah coba RN285, lain kali akan saya tulis RN285 vs MB 1626 OH kalo ada waktu hehehe)

( Duo Bis roda 10 di GIIAS 2015,ICE BSD- source : googling)

meskipun ga pernah naik,seenggaknya saya pernah menikmati rasanya kabin bis jenis ini saat di GIIAS kemarin. yang satu bus tingkat dengan mini bar di lantai bawah (terakhir dapat info setelah pameran dan diserahkan ke PO,mini bar dihilangkan dan diganti dengan kursi penumpang,hmm serah deh. namanya juga bisnis)
oiyaaa bis satunya saat itu tinggi tapi hanya memiliki 1 kabin karena bagasinya yang lapang sampai cukup buat motor, saat itu saya ga habis pikir ngapain bikin bagasi segede itu sampai motor aja muat, ternyata di sumatera,bis inilah salah satu andalan jasa ekspedisi pengiriman motor selain truck Box. karena kita tahu kan jaringan jalur kereta di sumatera tidak seperti di jawa. Kalo di jawa kan paling sering orang kirim kendaraan via kereta lewat Herona Express.

( ini nih bis setelah on the road hahahaha - source : googling)

dan pesaingnya :

Image result for bus tingkat sempati star

(dulu pas di GIIAS ngira bis ginian utk pariwisata,ternyata menurut keterangan rekan bus lovers disana dipakai utk AKAP,- source : googling)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar